BEBERAPA DESA TERENDAM BANJIR BANGKA BARAT


Beberapa Desa Terendam Banjir di Bangka Barat Akibat Pendangkalan Aliran Sungai Ditambah Curah Hujan Deras bangka barat


Akibat pendangkalan aliran sungai ditambah curah hujan yang begitu deras dalam beberapa hari terakhir, sehingga tidak bisa menampung debit air yang datang dari segala penjuru, akibatnya Desa Sinar Manik dan beberapa desa disekitarnya di Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat , Bangka Belitung mengalami musibah terendam banjir.

Pantauan awak media dilokasi tepatnya pada hari Kamis (19/01/2023) beberapa kendaraan susah melintasi akibat bahu jalan tertutup air sedalam 30 CM, sebagian pengguna sepeda motor juga harus berhenti menunggu air surut, ada juga sepeda motor yang mogok akibat dipaksakan.

Menurut informasi salah satu warga berinisial TR, bahwa banjir akibat pendangkalan sungai, hal itu terjadi diduga akibat para penambang yang membuang limbah (teling pasir) ke saluran sungai, selanjutnya ketika hujan turun maka sungai tidak mampu menampung air sehingga meluap ke bahu jalan. “Kami berharap pada pemerintah agar penambang yang beroperasi di hulu aliran sungai atau di ilir supaya ditertibkan lagi” ungkapnya. diwaktu terpisah, Kepala Desa Sinar Manik. Sudirman Derani mengatakan bahwa pihak Pemerintah Desa (pemdes) sendiri sudah sering memberikan peringatan dan ketegasan pada para penambang supaya jangan menggangu aliran sungai, namun tetap saja mereka membandel.

Hingga berita ini dilayangkan ke meja redaksi kerugian akibat kejadian belum bisa di prediksi, namun semoga dengan kejadian ini bisa menjadi perhatian bagi para penambang dan pemerintah.

Komentar